Jumat, 21 Juli 2017

jenis umbi-umbian dan manfaatnya

Jenis-Jenis Umbi-Umbian Serta Pemanfaatnya

Umbi merupakan bagian tumbuhan yang telah mengalami perubahan ukuran dan bentuk atau bisa dibilang (pembengkakan) sebagai akibat adanya perubahan fungsinya. Perubahan ini akan berakibat pula pada perubahan anatominya. Bagian yang membentuk umbi terutama batang, akar, atau modifikasinya. Hanya sedikit saja kelompok tumbuhan yang membentuk umbi dengan melibatkan daunnya. Umbi biasanya terbentuk di bawah tanah, meskipun dapat terbentuk jauh di dalam maupun di atas tanah. Ada beberapa umbi-umbian yang dimanfaatkan sebagai makanan pokok.

Umbi-umbian yang dapat dijadikan sebagai sumber bahan makanan pokok karena mempunyai kandungan karbohidrat dalam bentuk patinya yang tinggi dan kandungan serat yang tinggi. Namun dalam pemanfaatan umbi-umbian masih belum maksimal karena dianggap sebagai makanan tradisional yang kurang cukup berkelas. Tentu hal ini tidak patut dilakukan,

Jenis umbi dan manfaatnya


Umbi-umbian yang umumnya telah banyak dibudidayakan seperti ubi jalar, singkong, talas dan kentang. Jenis umbi lainnya seperti ganyong, uwi, gadung, gembili juga dibudidayakan, namun hanya terdapat pada daerah tertentu yang memilikinya saja.

Jenis-Jenis Umbi-Umbian dan Manfaatnya

1. Ubi Jalar
Ubi jalar adalah salah satu bahan makanan yang sangat sehat dan tentunya sangat baik. Hal ini dikarenakan ubi jalar memiliki kandungan gizi karbohidrat kompleks yang tinggi, sehingga membuat energi tidak gampang hilang, melainkan hilang secara bertahap. Ubi jalar juga mengandung vitamin C yang tinggi yang berguna untuk merawat elastisitas kulit, serta vitamin A dan beta carotene dari warna ungu, oranye dan merah ubi untuk melindungi paru dan mencegah kanker paru dan kanker mulut. Berikut adalah manfaat lain dari ubi jalar:

NoManfaat
1.Cocok bagi penderita diabetes karena Ubi Jalar dapat mengontrol kadar gula darah.
2.Mengandung vitamin B6 yang dapat mencegah serangan jantung
3.Mengandung kalium yang berfungsi menstabilkan tekanan darah dan dapat mengurangi stres.
4.Mengandung serat yang tinggi untuk melancarkan pencernaan

2. Singkong (Ketela Pohon)
Singkong (Ketela Pohon) adalah tanaman perdu dengan akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang membesar dan menjadi umbi akar. pada bagian dalam singkong berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong sering dimanfaatkan sebagai pengganti makanan pokok karena mengandung banyak karbohidrat, namun rendah akan protein. Berikut ini adalah manfaat yang terdapat di dalam singkong:
NoManfaat
1.Dapat melancarkan pencernaan karena singkong banyak mengandung serat yang sulit larut di dalam air
2.Sebagai obat luka bernanah dan terbakar. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara menumbuk lalu tempelkan pada luka.
3.Sebagai obat panas dalam, caranya dengan diparut terlebih dahulu lalu diambil air perasannya.
4.Sebagai makanan untuk diet karena singkong merupakan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah dari nasi dan roti


3. Talas
Talas adalah tumbuhan yang hampir 90% bagiannya dapat dimanfaatkan. Bagian tanaman talas yang dapat dimakan yaitu umbi, tunas muda dan juga tangkai daun. Sedangkan pada pelepah dan daun talas dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, obat, maupun pembungkus sebuah makanan. Bagian yang tidak dapat dimakan hanyalah akar-akar serabutnya saja. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang ada di tanaman talas:

NoManfaat
1.Kandungan serat yang baik untuk memperlancar sistem pencernaan.
2.Mengonsumsi talas rebus tanpa tambahan apapun dapat menjaga kolestrol darah tetap rendah, dan mencegah resiko gangguan jantung dan juga tekanan darah tinggi.
3.Secangkir talas mengandung vitamin C yang baik untuk memperkuat pertahanan tubuh.
4.Kandungan betakaroten pada tanaman talas bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan juga meningkatkan fertilitas.


4. Kentang
Kentang merupakan salah satu tanaman tahunan yang paling banyak ditanam diseluruh dunia. Ia merupakan tanaman semusim cocok ditanam di daerah dataran tinggi yang dimanfaatkan untuk umbi batangnya. Penduduk Eropa dan Amerika Serikat memanfaatkan kentang sebagai makanan pokok nya, namun sekarang banyak orang yang memanfaatkan kentang sebagai makanan alternatif sebagai program diet. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat yang terdapat di kentang:

NoManfaat
1.Dapat melawan berbagai jenis penyakit, seperti penyakit jantung, gangguan saraf, tumor dan dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat dan kanker rahim.
2.Dapat membuat kulit wajah bersinar dan mengurangi pembengkakan serta lingkaran hitam di bawah mata.
3.Baik untuk perkembangan otak karena kentang mengandung zat besi dan tembaga, serta dapat menghilangkan stress karena adanya kandungan vitamin B6.
4.Mengandung serat yang tinggi yang dapat melancarkan sistem pencernaan

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar