Kamis, 03 Agustus 2017

gerak nasti

Nasti[sunting | sunting sumber]

Nasti adalah gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Gerak nasti disebabkan oleh perubahan turgor pada jaringan di tulang daun. Berdasarkan jenis rangsangannya, nasti dibedakan menjadi beberapa macam, yakni:
  • a.       Seismonasti / tigmonasti
     Gerak menutupnya daun putri malu setelah mendapat rangsangan sentuhan disebut gerak seismonasti.jadi ,gerak seismonasti yaitu gerak bagian tumbuhan karena pengaruh rangsang sentuhan atau getaran .
    b.      Termonasti
     Termonasti yaitu gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang perubahan suhu  lingkungan .pernahkah kamu mendengar bunga tulip?
    Bunga tulip sangat cocok hidup di Negara belanda .gerak mengembangnya (mekarnya) bunga ntulip karena adanya kenaikan suhu lingkungan dan mengatupnya kembali bunga apabila suhu lingkunagn menurun merupakan salah satu contoh gerak termonasti
    c.       Niktinasti
     Pernahkah kamu memerhatikan daun petai cina pada malam hari?jika kamu perhatikan dengan benar ,daun petai cina tersebut terlihat mengatup(menutup).gerak yang demikian merupakan salah satu contoh gerak niktinasti .Gerak niktinasti  merupakan gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsanagn gelap.gerak ini disebut gerak tidur .
    d.      Nasti Kompleks
     Pada berbagai gerak nasty yang telah disebutkan diatas ,timbul nya gerakan hanya dipengaruhi oleh satu jenis rangsang .pada Nasti komplekstimbulnya gerakan dipengaruhi oleh lebih dari satu macam rangsangan .
    Gerak membuka dan menutupnya stomata karena pengaruh cahaya matahari ,zat kimia ,dan air merupakan contoh gerak nasty kompleks .
    e. fotonasti
     apakah rumah kamu mempunyai bungan pukul empat (mirabilis jalapa )? Megapa disebut bunga pukul empat?ternyata ,karena mekarnya bunga itu pada pukul empat .itu dipengaruhi oleh cahaya dan suhu. Dengan demikian ,gerak pada bunga pukul empat merupakan gerak fotonasti .
    f. Haptonasti
     Haptonasti adalah gerak nasti yang terjadi pada tumbuhan insektivora yang disebabkan oleh sentuhan serangga.
                                        Misalnya, menutupnya daun tanaman kantung semar dan Venus ketika 
                                        ersentuh serangga kecil.


sumber: http://masykurbiolesson.blogspot.co.id/2013/06/gerak-nasti-pada-tumbuhan.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Gerak_tumbuha

https://www.youtube.com/watch?v=pmx0i-PN_4U

Tidak ada komentar:

Posting Komentar