Selasa, 03 Oktober 2017

kandungan air dalam tubuh

KEBUTUHAN AIR DALAM TUBUH

Kandungan air dalam tubuh manusia sekitar 2 / 3 atau sekitar 60% – 70% dari berat tubuh. Tetapi, kandungan air dalam lemak hanya sekitar10%, sehingga untuk yang orang yang mengalami problem kegemukan atau obesitas, persentase kandungan air dalam tubuhnya bisa kurang dari angka 60% tersebut.Aga.
Faktanya orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas itu memiliki presentasi kandungan air kurang dari 60%, sementara dalam tubuh kita mengandung 2/3 atau sekitar 70% dari berat badan adalah kandungan air. Karena dari itu tubuh kita membutuh kan air yang cukup untuk kita konsumsi.. air sangat berperan penting dalam tubuh kita, kekurangan konsumsi air bisa membuat kita dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, sementara kelebihan mengkinsumsi air juga tidak baik sob.. jadi kira - kira berapa gelas atau berapa liter air yang kita butuh kan setiap hari nya ya...??
Secara umum orang dewasa membutuhkan 8 - 12 gelas air mineral perhari untuk di konsumsi, untuk perkiraan berat badan, manusia membutuh kan air 1/2 once untuk setiap pound berat badan kita.
1 kg = 2,20462262 pound
1 pound = 16 once "
contoh :
> berat badan 50kg, 16 x 50% = 8 atau setara dengan 8 gelas perharinya
> berat badan 60 kg, 16 x 60% = 9,6 atau setara dengan 10 gelas perharinya
> berat badan 70 kg, 16 x 70% = 11,2 atau kira-kira 11 gelas perharinya
Menurut Times of India Berikut ini 5 Bahaya minum air putih jika kebanyakan :
1. Jika tubuh kita menerima asupan cairan yang berlebihan akan menganggu kadar kekentalan darah dalam tubuh anda.
2. Jika kadar keketalah darah kita terganggu maka akan berdampak pula pada terganggunya sistem peredaran dalam tubuh kita.
3. Ternyata kekentalan darah didalam tubuh akan menurunkan sodium. Sehingga menyebabkan pembengkakan sel dalam tubuh anda.
4. Resiko terburuk dari pembengkakan sel tersebut yaitu anda akan mengalami pingsan, kejang-kejang dan bahkan bisa menyebabkan anda mengalami yang namanya koma.
5. Akibat palling buruk dari pembengkakan sel terutama di sel otak yaitu dapat menyebabkan kematian bagi manusia.
Air yang berlebihan di dalam tubuh kita juga dapat meningkatkan volume darah. Sehingga kondisi tersebut akan memaksa organ ginjal bekerja lebih keras untuk mengurangi jumlah air dalam sistem sirkulasi tubuh anda. Menurut Exercise Associated Hyponatraemia (EAH) memperkirakan ada sekitar 1600 kasus meninggal di seluruh dunia akibat minum air putih berlebihan. Sumber : aqua, health.liputan6, informasitips).
Efek Negatif Jika Kita Kurang Minum Air Putih
Air merupakan komponen terbesar yang dibutuhkan dalam tubuh manusia, namun banyak yang mengabaikannya dengan malas minum air putih. Hal ini sering terjadi pada orang yang tinggal di ruangan atau tempat yang dingin, dengan alasan mereka tidak haus. Sebagai saran, jangan turuti keinginan untuk malas minum air putih.
Kurangnya asupan air putih dapat berdampak bagi kesehatan tubuh, beberapa diantaranya adalah :
1. Membuat sel-sel otak menjadi tidak aktif
Saat seseorang kekurangan pasokan air, maka dia akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini dapat menyebabkan cairan otak menurun dan asupan oksigen yang seharusnya mengalir ke otak menjadi berkurang. Hal ini mengakibatkan sel-sel otak menjadi tidak aktif dan tidak berkembang, bahkan dapat menyusut.
2. Menurunkan konsentrasi
Otak memiliki komposisi yang terdiri atas cairan, dan apabila otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup, maka akan mengganggu fungsi kognitif (kepandaian). Otak yang tidak dapat menjalankan fungsi kognitif akan membuat seseorang menjadi mudah lupa, tidak konsentrasi, hingga lemot.
3. Menyebabkan halusinasi bahkan kematian
Dehidrasi dapat menyebabkan gejala ringan seperti haus, sakit kepala, tenggorokan kering, badan panas, lelah, denyut nadi cepat, warna air kencing pekat, ataupun gejala berat seperti halusinasi bahkan kematian.
4. Menyebabkan infeksi kandung kemih
Rentan terhadap infeksi kandung kemih, karena bakteri tidak dapat keluar akibat kurang minum air putih. Adapun gejala infeksi kandung kemih dapat berupa suhu badan sedikit naik, nyeri saat buang air kecil, perasaan tidak dapat menahan buang air kecil, terdapat nyeri tekan di atas tulang kemaluan, dan bahkan mungkin terdapat darah dalam urine. Bagi perempuan disarankan untuk lebih banyak minum air putih, karena panjang saluran kemih lebih pendek dari pada pria. Banyak mengonsumsi air putih dapat membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.
5. Membuat kulit menjadi kusam
Kurang minum air putih juga dapat membuat kulit menjadi kusam. Ini karena aliran darah kapiler di kulit tidak maksimal.
6. Mengganggu fungsi ginjal
Kurang minum air putih dapat menggangu fungsi ginjal. Oleh karena itu, minumlah air putih yang cukup setiap harinya, karena air dapat membantu mempermudah proses peluruhan komponen pembentuk batu ginjal, yang pada akhirnya keluar bersama urin saat buang air kecil.



sumber :https://www.facebook.com/klinikdokterkita/posts/550454998371706
https://youtu.be/cNxMJdrjGxY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar