Selasa, 03 Oktober 2017

vitamin yang diperlukan tubuh

nilah 13 Macam-macam Vitamin dan Fungsinya untuk Tubuh Kita

Ada banyak sekali jenis vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Macam-macam vitamin dan fungsinya untuk tubuh kita tentu saja beragam. Masing-masing vitamin memiliki fungsi yang berbeda untuk tubuh kita. Vitamin-vitamin tersebutlah yang menjadi salah satu faktor kesehatan dalam tubuh. Vitamin itu sendiri merupakan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Sayangnya, vitamin tidak sama dengan mineral yang tidak mudah rusak. Vitamin meskipun penting untuk tubuh, tetapi termasuk zat yang cepat rusak bila dihadapkan pada zat asam.


Macam-macam vitamin dan fungsinya untuk tubuh kita berbeda-beda. Tiap vitamin memiliki fungsi tersendiri untuk tubuh. Fungsi itu pun memiliki peranan yang berbeda dan tentunya berguna untuk tubuh. Apa sajakah macam vitamin tersebut? Dan apa saja fungsinya untuk tubuh?
Berikut ini merupakan beberapa macam-macam vitamin dan fungsinya untuk tubuh kita.
Vitamin A
Vitamin A atau yang biasa juga disebut sebagai retinol merupakan vitamin yang memiliki fungsi yang sangat banyak untuk tubuh. Beberapa fungsi vitamin A di antaranya adalah; anti aging, anti malaria, meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin A juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena mampu mengoptimalkan perkembangan janin. Vitamin A itu sendiri bisa didapatkan pada minyak ikan, hati, susu, daging, sayuran, dan buah-buahan yang berwarna oranye. Akibat jika seseorang kekurangan asupan vitamin A adalah: katarak, rabun senja, kulit tidak sehat, serta daya tahan tubuh yang menurun.
Vitamin B1
Vitamin B1 biasa juga disebut dengan thiamin. Vitamin B1 sangat berguna untuk tubuh. Beberapa fungsi vitamin B1 untuk tubuh di antaranya: membantu proses oksidasi di dalam tubuh tujuannya adalah untuk mendapatkan energi. Vitamin B1 bisa didapatkan di dalam roti, daging, kulit besar, sayuran, dan kacang hijau. Sedangkan efek jika Anda kekurangan vitamin B1 adalah kulit Anda menjadi kering serta bersisik.
Vitamin B2
Vitamin B2 juga dikenal dengan sebutan Riboflavin. Vitamin B2 ini berfungsi untuk menjaga keutuhan sistem jaringan syaraf serta mempercepat perpindahan rangsang sinar ke syaraf mata. Vitamin B2 bisa didapatkan pada hati, susu, telur, dan ragi. Kekurangan vitamin B2 bisa mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh serta menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti bibir pecah-pecah, sariawan.
Vitamin B3
Vitamin B3 dikenal juga dengan sebutan niasin. Fungsinya untuk tubuh adalah untuk menguraikan energi dari makanan serta sintesis asam lemak. Jika kekurangan vitamin B3, maka akan mengakibatkan badan mudah lemas, insomnia, otot mudah kejang, sistem pencernaan yang terganggu, serta mudah mual.
Vitamin B5
Vitamin B5 dikenal juga dengan sebutan asam pantotenat. Fungsi vitamin ini untuk tubuh adalah membantu memperlancar metabolisme di dalam tubuh. Selain itu, vitamin B5 juga bisa memperlancar karbohidrat, protein, dan lemak di dalam tubuh. Jika seseorang kekurangan vitamin B5, akan mengakibatkan insomnia, gangguan emosi, mengalami kram. Vitamin B5 bisa didapatkan dengan mengonsumsi susu sayur hijau, daging, hati, ginjal, dan kacang hijau.
Vitamin B6
Vitamin B6 memiliki nama lain yaitu pridoksin. Vitamin ini memiliki fungsi untuk tubuh, di antaranya mampu membantu proses pencernaan protein serta resipasi seluler. Jika seseorang kekurangan asupan vitamin B6 dapat berakibat keram otot, kulit pecah-pecah, insomnia. Vitamin ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi kubis, kentang, telur, dan daging.
Vitamin B7
Vitamin B7 dikenal juga dengan sebutan biotin. Vitamin ini berfungsi mampu memperlancar sistem metabolisme energi di dalam tubuh, menurunkan berat badan, membantu merawat rambut dan kuku, serta menjaga kadar gula di dalam darah. Vitamin B7 bisa didapat dengan banyak mengonsumsi kacang-kacangan, gandum, telur, susu, wortel, keju, dan ikan salmon. Kekurangan asupan Vitamin B7 dapat mengakibatkan penyakit Hyperesthesia, Deramatitis, Pharesthesia, Anemia, terganggunya fungsi jantung, serta masih banyak lagi.
Vitamin B9
Vitamin B9 dikenal dengan sebutan Asam folat. Vitamin ini berfungsi untuk pembentukan sel darah merah, perkembangan bayi, perbaikan DNA, mengoptimalkan fungsi otak, pembentukan jaringan tubuh, dan pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin satu ini mampu berakibat gangguan fungsi otak, sariawan, diare, pertumbuhan tulang belakang. Asupan vitamin ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi biji bunga matahari, selada, asparagus, kacang-kacangan, semangka, blewah, bayam, hati, serta kuning telur.
Vitamin B12
Vitamin B12 dikenal juga dengan sebutan kobalamin. Sangat berguna dalam membantu pembentukan sel darah merah, pembelahan sel, dan sintesis asam. Seseorang yang kekurangan Vitamin B12 akan mengakibatkan terkena penyakit anemia dan mudah lelah. Vitamin B12 itu sendiri bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan seperti susu, daging, ragi, telur, dan hati, atau makanan-makanan hasil fermentasi.
Vitamin C
Vitamin selanjutnya dari berbagai macam-macam vitamin dan fungsinya untuk tubuh kita yaitu vitamin C. Vitamin C disebut juga dengan sebutan Asam Askorbat. Vitamin C sangat berfungsi untuk menurunkan kolesterol, mencegah penyakit kanker, mencegah penyakit jantung, diabetes mellitus, hipertensi, serta mampu untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi racun. Vitamin C bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan sepatu jeruk dan/atau tomat, serta berbagai jenis sayuran.
Vitamin D
Vitamin D disebut juga dengan Kalsiferol. Vitamin ini memiliki fungsi yang mengarah pada tulang dan gigi. Fungsi vitamin D yaitu membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor bagi tulang dan gigi.
Vitamin E
Vitamin E atau yang biasa juga disebut sebagai tokoferol memiliki peran yang sangat penting dalam proses reproduksi dan mencegah penyakit kanker paru-paru.
Vitamin K
Vitamin K atau yang biasa juga disebut dengan Koagulasi merupakan vitamin yang memiliki fungsi sebagai pembeku darah. Selain itu, vitamin K juga berfungsi mencegah keguguran.
Nah itulah tadi macam-macam vitamin dan fungsinya untuk tubuh kita. Masing-masing vitamin memiliki fungsi yang berbeda. Setiap fungsi memiliki peranan yang sangat penting untuk tubuh. Itulah mengapa sebabnya vitamin sangat diperlukan untuk tubuh.
sumber : http://aylacream.com/inilah-13-macam-macam-vitamin-dan-fungsinya-untuk-tubuh-kita.html
https://youtu.be/ISZLTJH5lYg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar